Berbagi Peran Percepat Pengembangan Panas Bumi

Geo Dipa Energi > Berita > Berbagi Peran Percepat Pengembangan Panas Bumi

WhatsApp Image 2021-05-31 at 17.33.38 (1)

JAKARTA – PT Geo Dipa Energi (Persero) melakukan rangkaian penandatanganan dua perjanjian, bersama dengan Bank Dunia dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) siang ini, tanggal 31 Mei 2021. Perjanjian tersebut adalah Project Agreement antara GeoDipa dan Bank Dunia, serta Subsidiary Agreement antara GeoDipa dengan SMI.

Project Agreement ditandatangani oleh Direktur Utama GeoDipa, Riki Firmandha Ibrahim dan Country Director World Bank, Satu Kahkonen pada 27 Mei 2021. Sementara Subsidary Agreement ditandatangani oleh Riki dengan Direktur Utama SMI, Edwin Syahruzad pada 28 Mei 2021. Perjanjian ini merupakan perjanjian turunan dari Amandemen Grant Agreement yang telah ditandatangani sebelumya.

Secara garis besar, tujuan proyek yang diatur dalam perjanjian tersebut adalah untuk memfasilitasi pengerjaan Geothermal Eksploras, sebagai bagian penting dari proses investasi pembangkit listrik tenaga panas bumi/Geothermal yang mengurangi emisi gas rumah kaca. Ini dilakukan untuk pengembangan panas bumi di wilayah timur Indonesia seperti Waesano.

WhatsApp Image 2021-05-31 at 17.33.38 (3)

Dengan ditandatanganinya perjanjian ini, maka proses pembagian tanggung jawab Proyek antara GeoDipa, Bank Dunia dan PT SMI menjadi lebih jelas dan terukur. Dalam perjanjian ini diatur bahwa Bank Dunia sebagai pemberi hibah, PT SMI sebagai penanggung jawab pengelolaan keuangan, sedangkan GeoDipa sebagai penanggung jawab teknis, pengadaan, dan perlindungan untuk pelaksanaan proyek.

Dengan ini GeoDipa dapat mengkoordinasikan pelaksanaan penuh pekerjaan di lokasi di wilayah yang ditunjuk. Didalamnya juga diatur mekanisme agar sebagai pelaksana, GeoDipa dapat melakukan pekerjaan dengan prinsip anti korupsi, tata kelola yang baik serta mengedepankan keberlanjutan lingkungan dan sosial kemasyarakatan.
Bravo GeoDipa Persero