Berdayakan UMKM, Bukti Kontribusi Positif GeoDipa Bagi Perekonomian di Sekitar Wilayah Kerja

Geo Dipa Energi > Berita > Berdayakan UMKM, Bukti Kontribusi Positif GeoDipa Bagi Perekonomian di Sekitar Wilayah Kerja

WhatsApp Image 2021-11-12 at 22.41.11

WONOSOBO – Wakil Menteri Keuangan Republik Indonesia, Prof. Suahasil Nazara, melakukan kunjungan kerja ke Wonosobo sebagai rangkaian kegiatan kunjungan kerja di Jawa Tengah, Jumat (12/11).  Dalam kesempatan tersebut, Suahasil memberikan arahan kepada PT Geo Dipa Energi (Persero) yang sebagai Spesial Mission Vehicle (SMV) di bawah Kementerian Keuangan RI untuk meningkatkan kontribusi positif atas keberadaannya di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara.

“Kami minta GeoDipa meningkatkan lagi pemberdayaan masyarakat dan kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, agar lebih diapresiasi, bukan hanya sebagai badan usaha yang fokus di operasi listrik energi terbarukan saja, namun perusahaan yang mampu melakukan pekerjaannya secara bersamaan bermanfaat kepada masyarakat dimanapun beroperasi,” ujar Suahasil.

Direktur Utama GeoDipa, Riki Firmandha Ibrahim, menuturkan bahwa memang keberadaan GeoDipa sebagai Badan Usaha harus dapat dirasakan manfaatnya, baik masyarakat dan Pemerintah Daerah di sekitar wilayah dimana GeoDipa beroperasi.  GeoDipa juga dikatakannya turut aktif dalam mendukung berbagai program pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional (PEN).

“Keberadaan kami di Dieng tentunya harus dapat dirasakan manfaatnya bersama masyarakat dan Pemda. Kami turut dalam membangun sosial ekonomi dan budaya dengan konsep creating shared value atau saya sebut sebagai gotong royong,” ujar Riki.

Melalui program Geodipa Maju, GeoDipa Bersih, GeoDipa Hijau dan GeoDipa Pintar dilakukan setiap tahun.  Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan perhatian yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.  Disamping itu, salah satu terobosan GeoDipa dalam program pemulihan ekonomi nasional adalah dengan ikut serta menyelenggarakan vaksinasi masyarakat di sekitar wilayah Dieng.

Senada dengan hal tersebut, Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menuturkan bahwa kehadiran GeoDipa di Dieng telah memberikan kontribusi positif terhadap para pelaku UMKM.  Potensi alam yang melimpah di Kabupaten Wonosobo tentunya menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat dan pemerintah daerah di Wonosobo dan Banjarnegara.

WhatsApp Image 2021-11-12 at 22.41.11 (1)

“GeoDipa selalu hadir bersama Kabupaten Wonosobo, dan telah ikut melahirkan serta menghadirkan UMKM kami yang kuat dan tumbuh.  Sumbangsih saran, pemikiran, dan perhatian dari GeoDipa bagi pelaku UMKM, kami ucapkan terima kasih, kami tunggu langkah yang lebih kongkrit kedepan,” ujar Afif.

Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara, Indarto, yang hadir mewakili PLH Bupati Banjarnegara, Syamsudin, juga menyampaikan bahwa kehadiran GeoDipa di Dieng telah banyak memberikan manfaat melalui berbagai program community development hingga peningkatan pendapatan daerah.  Salah satu contoh kontribusi yang dihadirkan GeoDipa kepada masyarakat di Kabupaten Banjarnegara adalah dengan memberikan akses terhadap kebutuhan air bersih.

“Kontribusi GeoDipa bagi masyarakat dan pemda, dilakukan dalam program pemberdayaan masyarakat, baik Pendidikan, kesehatan, perekonomian, sosial budaya, dan infrastruktur,” ungkapnya.  Namun, kedepan GeoDipa masih diharapkan dapat meingkatkan jumlah unit PLTPnya agar, kontribusi nyata daerah dapat dirasakan.

Beberapa waktu lalu, GeoDipa juga telah membantu merealisasikan bantuan akses terhadap air bersih dengan melakukan pemboran air dalam untuk kebutuhan air bersih di desa-desa Kabupaten Banjarnegara.  “Bantuan berupa beasiswa, cek kesehatan gratis, pembinaan UMKM Dieng untuk membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat juga terus dilakukan dengan tetap memperhatikan keberlanjutan dan kelestarian lingkungan”, ujar penutup Sekda Banjarnegara.