Dukung Eksplorasi Candi Umbul Telomoyo, Pemkab Semarang Dukung Pemanfaatan Energi Panas Bumi

Geo Dipa Energi > Berita > Dukung Eksplorasi Candi Umbul Telomoyo, Pemkab Semarang Dukung Pemanfaatan Energi Panas Bumi

WhatsApp Image 2022-09-21 at 12.08.12

BANDUNG – Pemerintah Kabupaten Semarang melakukan kunjungan kerja ke Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bui (PLTP) milik PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Selasa (20/09). Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka untuk melihat proses pemanfaatan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan.

Wakil Bupati Semarang, Basari, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Semarang dan masyarakat sangat mendukung pemanfaatan energi panas bumi sebagai sumber energi listrik, mengingat Kabupaten Semarang memiliki potensi di wilayah candi Umbul Telomoyo sebesar 54 Megawatt (MW).

“Saya pastikan bahwa kami dari pemerintah Kabupaten Semarang dan masyarakat mendukung sepenuhnya proyek ini. Keyakinan kami akan semakin mantap manakala kami melihat secara langsung proses pengusahaan panas bumi di Patuha,” katanya.

Selain itu, menurutnya dengan kunjungan yang dilakukan, akan memberikan bekal yang lebih kepada Pemerintah Kabupaten Semarang untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait dengan pemanfaatan panas bumi. Dalam kunjungan tersebut, rombongan Pemerintah Kabupaten Semarang turut didampingi Kepala Dinas DPMPTSP, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Camat Banyubiru, Kepala Desa Banyubiru, Kepala Desa Kebondowo, Kepala Desa Wirogomo, Kepala Desa Kumambang, serta tokoh masyarakat.

Lebih lanjut, Basari juga mengungkapkan bahwa GeoDipa telah melakukan koordinasi dan sosialisasi secara intensif kepada pemerintah daerah. Secara berkala, Pemerintah Kabupaten Semarang juga aktif melakukan rapat koordinasi terkait dengan proyek candi Umbul Telomoyo.

Direktur Operasi dan HSSE GeoDipa, Supriadinata Marza, mengatakan bahwa proyek Candi Umbul Telomoyo merupakan penugasan yang diberikan pemerintah kepada GeoDipa. Dalam prosesnya, GeoDipa selalu menekankan pada aspek teknis, ekonomi, dan lingkungan.

“Pendekatan kami adalah pendekatan environment. Ini dilakukan agar pemanfaatan panas bumi dapat dirasakan manfaatnya dan diwariskan kepada anak cucu. Peran pemerintah daerah sangat krusial, semoga kita bisa bersinergi,” ujarnya.