Dukungan Gubernur Jawa Tengah untuk Perhelatan Panasbumi Dieng

Geo Dipa Energi > Berita > Dukungan Gubernur Jawa Tengah untuk Perhelatan Panasbumi Dieng

Dieng, Direktur Keuangan PT Geo Dipa Energi (Persero), M. Ikbal Nur, menghadiri acara Dieng Culture Festival 2018 (4/8) Sabtu lalu. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, dan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono hadir untuk membuka acara yang sudah sembilan tahun berlangsung rutin.

Sebelum bersama – sama duduk menyaksikan pagelaran bertajuk Jazz di Atas Awan, Ikbal Nur dan Ganjar Pranowo sempat melakukan diskusi dan update informasi mengenai proyek GeoDipa Energi di Jawa Tengah.

Ikbal Nur menyampaikan bahwa dalam lima tahun mendatang, GeoDipa menargetkan memiliki total kapasitas terkontrak sebesar 250 MW di tahun 2023. Penambahan kapasitas tersebut untuk menjawab tantangan bagi GeoDipa sebagai penyedia listrik dalam rangka kebutuhan listrik nasional sebesar 384.609 GWh di tahun 2023. GeoDipa menetapkan arah pengembangan strategis 5 tahun ke depan menjadi masa tumbuh (2019-2023) baik secara operasional maupun finansial. Arah perusahaan adalah mencapai operational excellence didukung dengan kondisi finansial yang sehat sehingga dapat melakukan investasi untuk selanjutnya bergerak menuju masa excellentAddendum kontrak Dieng akan dirubah di tahun 2020 dari semula 55 MW di tahun 2018, menjadi 75 MW dengan penambahan Small Scale dan Binary yang akan dilakukan.

Penambahan kapasitas diharapkan sampai dengan tahun 2023 adalah akan mencapai kapasitas terpasang sebesar 270 MW dengan melakukan maksimalisasi unit eksisting dan penambahan Small Scale dan Binary di Dieng. Di tahun 2020 juga direncanakan akan dibangun PLTP Dieng Unit 2, PLTP Patuha Unit 2 dengan kapasitas masing-masing sebesar 60 MW yang akan beroperasi pada tahun 2022. Untuk mendukung orientasi kelola Perusahaan, Perusahaan di tahun 2024 merencanakan pembangunan PLTP di Area Candradimuka dengan kapasitas 40 MW agar continuous growth tercapai. Oleh karena itu dukungan Pemerintah Daerah Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Banjarnegara sangat diperlukan mengingat salah satu lokasi proyek terletak di Jawa Tengah.

Ganjar yang ditemui sehabis bersepeda sejauh lima kilometer mengitari area Dieng Culture Festival culture itu, menyambut informasi GeoDipa dengan sangat baik, Pemerintah Jawa Tengah sangat mendukung proyek panasbumi yang dikelola oleh GeoDipa. Gubernur Jawa Tengah itu bakal mengusahakan perihal perizinan dan segala sesuatu yang kiranya dapat mengakselerasi percepatan proyek. Mengingat dengan dibangunnya proyek ini dapat menambah kontribusi energi untuk dengara dan meningkatkan ekonomi untuk daerah dam masyarakat sekeliling.

Ganjar menyadari betul bahwa pendirian Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi PLTP sebagai bagian dari proyek listrik 35 ribu MW dan PLTP merupakan pilihan terbaik di antara proyek pembangkit lain, seperti energi fosil, nuklir dan energi lainnya.

Setelah berdiskusi, Ikbal Nur dan Ganjar Pranowo memutuskan untuk bersama – sama menikmati Perhelatan Musik Dieng Culture Festival 2018. Selama 9 tahun GeoDipa terus mendukung DCF sebagai salah satu program GeoDipa Peduli pada Community Development. Kebudayaan Dieng harus dijaga kelestariannya, bahkan harus didorong sehingga bisa maju, sehingga Dieng bisa maju bersama-sama dengan GeoDipa, tambah Ikbal.

ganjar5 ganjar4 ganjar3