Forkompinda Banjarnegara Dukung Penuh Komitmen GeoDipa Selenggarakan Uji Alir Sumur Dengan Aman

Geo Dipa Energi > Berita > Forkompinda Banjarnegara Dukung Penuh Komitmen GeoDipa Selenggarakan Uji Alir Sumur Dengan Aman

AMT05418

Dieng – PT Geo Dipa Energi (Persero) “GeoDipa” menggelar Pemaparan Uji Alir Sumur Produksi (Well Testing Expose) pada Senin (30/5) di Kantor PT Geo Dipa Energi (Persero) Unit Dieng. Pemaparan diberikan terkait dengan pelaksanaan pekerjaan uji alir sumur produksi atau well testing sumur 31A yang akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini penting untuk mengetahui data-data yang dihasilkan sebagai referensi dalam menentukan teknologi dalam pengoperasian, serta merancang langkah mitigasi dan pengendalian risiko.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Muhamad Ikbal Nur, menyampaikan bahwa saat ini GeoDipa telah menjadi perusahaan dengan penerapan standar internasional dalam menerapkan upaya keterbukaan informasi kepada para pemangku kepentingan dan budaya safety.

“GeoDipa saat ini masih dalam tahap pembangunan, kami memiliki komitmen untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi kepada seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat sekitar wilayah kerja kami di dalamnya, untuk itu kami mohon dukungan dan arahan Bapak/Ibu sekalian sehingga dalam setiap stase proses pembangunan kami berjalan dengan lancar dan dapat memberikan kontribusi kepada Banjarnegara khususnya,” ujar Ikbal dalam sambutannya yang dilakukan secara daring.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas DPKPLH Banjarnegara mewakili Pj Bupati Banjarnegara, Singgih Haryono, menuturkan bahwa seperti pangan, permasalahan energi merupakan permasalahan global penting yang harus tercukupi. Menurut Singgih, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mendukung penuh komitmen GeoDipa dalam melanjutkan tahap pembangunan Proyek PLTP Dieng 2 untuk menghadirkan energi alternatif yang terus terbarukan.

“Kita harus berpikir mencari alternatif energi terbarukan di masa depan, salah satunya adalah energi panas bumi, kami bersyukur potensi panas bumi di Indonesia salah satunya berada di Banjarnegara, yang dimana saat ini pemanfaatannya belum mencapai separuh dari total potensi yang ada.” Tegas Singgih.

Dirinya mengingatkan agar dalam pelaksanaan proyek ini, aspek keamanan harus terus menjadi perhatian, “Seperti apa yang disampaikan oleh Pak Ikbal, safety menjadi prioritas utama dalam pembangunan, sehingga kami harapkan tidak ada lagi kejadian accident, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mendukung aktivitas pembangunan Proyek Dieng 2, keterlibatan masyarakat dalam setiap kegiatan perlu diperhatikan, kami berharap pembangunan proyek dapat berjalan lancar,” ungkap Singgih.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Banjarnegara, Ismawan Setya Handoko, menyampaikan bahwa energi Panas Bumi yang ada di Banjarnegara perlu dimanfaatkan secara optimal “Energi menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari, potensi panas bumi yang ada di Banjarnegara perlu dimanfaatkan secara optimal demi kepentingan masyarakat Banjarnegara,” Ujar Ismawan.

Direktur Operasi dan Pengembangan Niaga, Supriadinata Marza, menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Forkompinda serta Forkompinca dalam mendukung jalannya pembangunan proyek GeoDipa. Dirinya menegaskan, bahwa GeoDipa sebagai perusahaan energi terbarukan, juga selalu mengedepankan aspek lingkungan. Hal ini tertuang dalam komitmen GeoDipa terhadap Asian Development Bank (ADB) sebagai pemberi pinjaman “

“Lingkungan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan, kami memiliki komitmen dalam melakukan improvement terhadap hal tersebut, hal ini pun dimonitor oleh ADB selaku lender sehingga dapat menjadi motivasi kami dalam menjaga lingkungan sekitar area pembangunan kami,” Ujar pria yang akrab disapa Rio ini.

Plt Project General Manager, Hefi Hendri, dalam paparannya menjelaskan bahwa semua proses well testing juga turut melibatkan BPBD dan Karangtaruna. GeoDipa juga telah menyiapkan hotline Halo Dieng 24jam serta Sentra Komunikasi sebagai sarana untuk mendapatkan informasi dan komunikasi terkait aktivitas pekerjaan well testing yang dimaksud.