Geo Dipa Unit Patuha Bangun BTS dan Jaringan Internet

Geo Dipa Energi > Berita > Geo Dipa Unit Patuha Bangun BTS dan Jaringan Internet

BTSPATUHA – PT Geo Dipa Energi (Persero) . Setahun lalu tidak ada yang pernah membayangkan kehidupan berubah, cara bekerja, cara belajar di rumah secara daring, berbelanja kebutuhan pokok secara daring, atau bahkan bersilaturahmi dilakukan melalui daring. COVID-19 telah mengubah cara hidup hampir seluruh masyarakat; tidak ada yang tidak terdampak, semua daerah, semua masyarakat terpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung. COVID-19 juga telah menambah satu kebutuhan pokok baru masyarakat; internet merupakan keniscayaan di saat harus bekerja dan belajar di rumah. Namun belum semua masyarakat bisa menikmati koneksi internet; masih terjadi kesenjangan digital.

Data International Telecomunication Union (ITU) 2017 menunjukkan, Indonesia berada pada peringkat ke-8 dari 11 negara Asia Tenggara pengguna internet di rumah tangga.  hanya 32,29 persen masyarakat Indonesia yang menikmati akses internet pita lebar. Faktor utama yang menjadi pemicu rendahnya jumlah pengguna internet di Indonesia adalah masih belum meratanya pembangunan infrastruktur khususnya pembangunan infrastruktur telekomunikasi di daerah terpencil. Kondisi geografis Indonesia menyulitkan ketersediaan infrastruktur digital yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Untuk itu PT. Geo Dipa Energi (Persero) hadir di sekitar Wilayah Operasional Perusahaan yang masih terdapat wilayah yang belum dapat mengakses telekomunikasi, internet, bahkan akses listrik. secara bertahap, melalui berbagai program PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha mengatasi permasalahan- permasalahan tersebut, Bekerjasama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT. Geo Dipa Energi (Persero) membiayai Pembangunan Self Supporting Tower atau Base Transceiver Station (BTS) 4 kaki 42 meter di Patuha Desa Sugihmukti  tepatnya di lokasi – J milik PT. Geo Dipa Energi (Persero)

.

Peningkatan Ekonomi

Sektor TIK menjadi sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di suatu daerah. Menurut World Economic Forum (2015), kenaikan 10 persen akses internet berkorelasi dengan peningkatan 1,2 persen pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang. Sedangkan penambahan pelanggan seluler hingga 10 persen akan meningkatkan PDB sebesar 0,4 persen (P2EB UGM, 2017), sementara hasil penelitian INDEF (2018), peningkatan satu persen investasi dalam sektor TIK berkorelasi positif dengan peningkatan PDB sebesar 0,187 persen.

Jangkauan BTS Telekomunikasi yang dibangun oleh PT. Geo Dipa Energi (Persero) dapat menjangkau ke wilayah 3 Perkebunan teh yang ada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Dimana di 3 Perkebunan ini terdapat sekitar 7.735 jiwa

Tantangan Infrastruktur

Sejalan dengan PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha, Pemerintah telah berusaha untuk meningkatkan akses internet ke tengah masyarakat melalui berbagai program pembangunan infrastruktur telekomunikasi di bawah program berkelanjutan Indonesia Merdeka Sinyal. Program Palapa Ring telah selesai Oktober 2019 dan akan memberikan jaringan akses internet broadband ke 440 kabupaten kota di seluruh Indonesia. Dengan bertambahnya pembangunan infrastruktur telekomunikasi diharapkan juga memudahkan pembangunan infrastruktur khususnya di daerah terpencil dan sulit dijangkau, sehingga dapat menjadi solusi bagi kesenjangan digital.

Mengakses internet secara mudah, cepat, dan terjangkau merupakan impian seluruh masyarakat. Konstitusi Indonesia Pasal 28F UUD 1945 telah memberikan jaminan hak bagi warga negara untuk dapat memperoleh informasi dan berkomunikasi. Jaminan konstitusi ini menjadi landasan kesetaraan seluruh warga negara untuk mengakses internet, memperoleh informasi, dan mengembangkan diri.

Kami yakin dengan akses internet yang merata dan terjangkau ke seluruh masyarakat akan mewujudkan penyelenggaraan demokrasi yang lebih baik, pelayanan publik yang cepat dan transparan, memberikan kesempatan usaha yang lebih mudah melalui UMKM digital, dan kesempatan yang sama bagi seluruh anak bangsa untuk maju dan mewujudkan cita-cita.

Berbagai bentuk Program CSR PT. Geo Dipa Energi (Persero) Unit Patuha telah disusun bersama masyarakat dan pemerintah daerah setempat, untuk peningkatan ekonomi dan pendidikan sesuai kebutuhan di wilayah, diantaranya Pemasangan Listrik masuk kampung, Pemasangan Internet gratis di Prasarana Umum, dan Program Bantuan Pendidikan siswa berprestasi