Junjung Perempuan Meraih Kesempatan

Geo Dipa Energi > Berita > Junjung Perempuan Meraih Kesempatan

DSC_9481

Patuha – Dalam rangka memperingati Hari Ibu, PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa merangkul sejumlah Kelompok Perempuan dalam Sosialisasi Pengarusutamaan Gender di Patuha, Kamis (23/12). Kegiatan ini dilaksanakan bersama 100 peserta yang berasal dari Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia serta Masyarakat dari Desa Sugihmukti, Desa Alamendah, Desa Panundaan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kelompok perempuan dinilai sebagai salah satu elemen masyarakat yang sangat diperhatikan dalam Kegiatan Operasional. GeoDipa selalu berupaya mendorong pengarusutamaan  gender dengan mengedepankan masalah kesetaraan peluang dan pengembangan diri sehingga perempuan dapat memiliki peran yang lebih signifikan dan berpengaruh. Hal ini merupakan bagian dari Target Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) pada poin no 5, yaitu menguatkan posisi perempuan.

Dalam sambutannya, Komisaris Utama GeoDipa, Tio Serepina Siahaan, mengukapkan kebanggannya sebagai seorang perempuan. Menurut Tio, setiap wanita adalah Ibu bagi sekelilingnya. Diciptakan sebagai seorang perempuan, karena dan diberikan kesempatan untuk mengasihi, untuk menjadi sahabat, bagi keluarga kita, tempat curhatnya, serta sebagai pekerja. Namun dirinya mengingatkan agar perempuan jangan sampai terbuai dan dapat selalu mengembangkam diri, “Ketika kita sudah memilih untuk berkarir, tentu kita harus siap dengan risiko. Jangan karena kita perempuan, lalu kita meminta terlalu banyak dispensasi. Memang kita karena punya takdir yang tidak dialami laki-laki, tentu itu harus ada pengarusutamaan gender. Harus ada kesempatan kita untuk melaksanakan kewajiban kita sesuai fitrah sebagai seorang perempuan. Tapi itu jangan menjadi isu untuk kita tidak berprestasi.”

Pada kesemoatan yang sama Direktur Umum dan Sumber Daya Manusia GeoDipa, Aulijati Wachjudiningsih mengatakan, “Kita perempuan harus memiliki peran yang lebih signifikan. Memegang posisi-posisi penting, dan mampu menjadi pioneer dalam berbagai kegiatan dan program, mampu memecahkan masalah dan berinovasi.” Menurutnya setiap perempuan memiliki peran yang beragam. Tidak hanya sebagai seorang yang memiliki anak atau istri tetapi bisa juga sebagai perempuan berdaya yang memiliki karir yang cemerlang. Apapun itu, perempuan perlu memiliki kesempatan untuk meraih cita-citanya.

Untuk mendukung tujuan tersebut, GeoDipa telah mengesahkan Pedoman Pengarusutamaan Gender perusahaan. Dengan pedoman ini, GeoDipa dapat mengintegrasikan perspektif gender ke dalam persiapan, desain, implementasi, pemantauan dan evaluasi kebijakan maupun aksi-aksi yang akan dilakukan kedepan. Ini merupakan langkah pengaturan dengan maksud untuk mempromosikan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki, dan memerangi diskriminasi.

Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di PT.Geo Dipa Energi (Persero), sangat dipengaruhi oleh inovasi serta kualitas sumber daya manusia, yaitu pimpinan, karyawan atau pegawai yang memiliki kapasitas dan kemampuan terhadap pelaksanaan Pengarusutamaan Gender. Oleh karena itu, GeoDipa terus mengupayakan implementasi pengarusutamaan gender di level kebijakan, program dan kegiatan. Upaya lainnya yaitu dengan mendorong seluruh dokumen kebijakan menjadi dokumen yang memiliki perspektif gender yang jelas. Yang tidak kalah penting yaitu menyiapkan SDM yang memiliki pemahaman, pengalaman sekaligus kemampuan yang optimal terkait gender, serta prasarana yang memadai untuk mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di lingkungan perusahaan dan masyarakat.

Kesetaraan Gender telah diamanatkan dalam konstitusi UUD Tahun 1945 dan berbagai peraturan perundangan lainnya. Kesetaraan gender nyatanya memberikan manfaat tidak hanya bagi kelompok perempuan, tetapi juga bagi seluruh kelompok masyarakat. “Bank Dunia menyatakan tidak ada satu negara ataupun komunitas yang mampu mencapai potensi maksimalnya dan melampaui tantangan pada abad ke-21 ini, tanpa partisipasi setara dan penuh dari perempuan dan laki-laki,”.

Perwakilan kelompok perempuan Desa Alamendah, Anti Septiani sangat berterima kasih atas program-program Geo Dipa yang dinilai telah bermanfaat untuk masyarakat, ”Diharapkan Geo Dipa dapat selalu mendukung dan saling beriringan dengan kelompok perempuan, terutama dalam peningkatan kualitas perempuan PKK yang lebih merata”. Sementara itu, Ketua UMKM Desa Panundaan Tia Septiani menuturkan, Geo Dipa telah merangkul UMKM perempuan dalam program peningkatan perekonomian serta menciptakan kemandirian finansial bagi kelompok perempuan di sekitar perusahaan, “Dengan adanya support GeoDipa, kelompok perempuan UMKM menjadi semakin semangat untuk meningkatkan kualitas sehingga dapat melebarkan pasar produk”kata Tia.

Selain itu, GeoDipa berharap dapat menciptakan leaders dan champions yang mampu berinovasi dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender bidang Ketenagalistrikan dan Pemanfaatan Panasbumi, terutama untuk mengurangi kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat yang diterima masyarakat dalam mengelola sumber daya alam. Hal ini memerlukan dukungan berbagai elemen masyarakat, termasuk kelompok perempuan didalamnya.