Sinergi BUMN untuk Negeri Para Dewa

Geo Dipa Energi > Berita > Sinergi BUMN untuk Negeri Para Dewa

Dieng – Direksi Geo Dipa menjadi tuan rumah untuk kunjungan kerja bagi beberapa BUMN di bawah Kementerian Keuangan (28/7) ke daerah wisata Dataran Tinggi Dieng. BUMN yang mengikuti kunjungan ini yaitu PT Sarana Multigriya Finansial, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, dan PT Indonesia Infrastructure Finance.

Direktur Utama GeoDipa Riki Ibrahim mengatakan Sesuai dengan semangat Nawa Cita, keberadaan Badan Usaha Milik Negara Milik negara memiliki peran penting dalam kemakmuran ekonomi bangsa. BUMN memiliki sejumlah focus dalam mewujudkan target yang dicanangkan oleh pemerintah. Kebetulan sekali, Salah satu lapangan panasbumi yang dikelola GeoDipa terletak di kawasan wisata Daerah Dataran Tinggi Dieng, yang sudah dikenal sebagai Negeri tempat para Dewa bersemayam karena keindahan pariwisata. Oleh karena itu, sebagai salah satu komitmen kami untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup masyarakat sekeliling, kami mengajak BUMN lain untuk bersinergi membangun Dieng.

PT SMF merupakan BUMN yang bergerak di bidang pembiayaan perumahan, LPEI adalah BUMN yang mendukung program ekspor  nasional melalui pembiayaan ekspor nasional, IIF merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang pembiayaan infrastruktur, yang dikelola secara profesional dengan fokus investasi pada proyek-proyek infrastruktur yang layak secara komersial, dan GeoDipa adalah pengelola wilayah kerja panasbumi Dataran Tinggi Dieng. Jadi diharapkan dengan adanya sinergi BUMN ini dapat meningkatkan kewirausahaan dan meningkatkan nilai tambah bagi perekonomian sekitar Dieng.

Kunjungan Direksi BUMN dimulai dengan melihat sunrise di bukit Sikunir, kemudian di lanjutkan dengan mengunjungi Power Plant milik GeoDipa yang saat ini berkapasitas terpasang 55 MW. Setelah berkeliling power plant GeoDipa, Direksi BUMN menikmati film dokumenter bertajuk Dieng, Tempat Bersemayamnya Para Dewa di Dieng Plateau Theater.

Dilanjutkan berdiskusi dengan pengusaha kopi dan keripik kentang lokal, di tempat minum kopi milik salah satu pengusaha lokal.Pengusaha lokal begitu menjamur di Area Dieng, tentunya peranan BUMN sangat diperlukan. Melihat potensi yang begitu tinggi, BUMN berkomitmen untuk mewujudkan sinergi, dan diharapkan berperan lebih besar dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, dan mengurang kesenjangan sosial ekonomi.