Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Lokal, GeoDipa Gandeng Seoul National University

Geo Dipa Energi > Berita > Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat Lokal, GeoDipa Gandeng Seoul National University

Bandung, PT Geo Dipa Energi (Persero) mengajak The Institute of Global Social Responsibility (IGSR), Seoul National University (SNU) bersama dengan Institut Teknologi Bandung dan Universitas Pendidikan Indonesia untuk melaksanakan program Community Development di salah satu lapangan panas bumi milik GeoDipa, yaitu Unit Patuha.

Program ini merupakan sinergi antara Program Community Development GeoDipa dengan Program Overseas Volunteering Camp SNU. GeoDipa memiliki program GeoDipa Pintar dan GeoDipa maju yang memiliki konsep community empowerment dan perbaikan infrastruktur yang berkesinambungan, sedangkan SNU memiliki komitmen mengembangkan bahkan memajukan kehidupan masyarakat lokal di sekitar area yang memiliki potensi energi terbarukan terutama panas bumi.

Supriadinata Marza, General Manager Unit Patuha , menyambut baik program ini. Karena seperti kita sadari bahwa GeoDipa Unit Patuha berada di tengah masyarakat. GeoDipa merupakan bagian dari masyarakat, begitu pula sebaliknya. Masyarakat merupakan prioritas kami untuk kemajuan pembangunan. Rupanya ada SNU yang juga memiliki visi yang sama dengan GeoDipa, yaitu untuk memajukan penghidupan masyarakat lokal di sekitar area penghasil panas bumi. Harapan kami semoga panas bumi bisa maju bersama masyarakat lokal.

Program ini merupakan rangkaian acara yang akan berlangsung dari tanggal 13 Januari sampai dengan 18 Januari 2018. Lokasi penyelenggaraan kegiatan dilakukan disalah satu Sekolah Dasar di Desa Sugihmukti, Kampung Rancabolang, yang merupakan salah satu desa di sekitar PLTP Patuha Unit I.

Mengusung GeoDipa Pintar dan GeoDipa Maju, GeoDipa dan SNU akan melakukan pengajaran bertitel Geothermal Goes To School dan Pengecatan Gedung Sekolah. Geothermal Goes to School memberikan pengetahuan mengenai panas bumi dengan cara yang mudah dan dapat diterima oleh murid – murid. Kemudian ada kegiatan pengecatan gedung sekolah yang dilakukan oleh para mahasiwa NSU sebagai komitmen memajukan insfrastruktur untuk pendidikan dan yang terakhir pengajaran dan pemberian fasilitas kebersihan untuk sampah organik dan non organik

Sebelum dimulaikan penyelenggaraan main program, GeoDipa bersama dengan SNU serta ITB dan UPI menyelenggarakan Pre Seminar yang bertajuk EVOLUTION (Environment Volunteering and Education Seminar) 11 Januari kemarin di ITB. Dihadiri oleh 14 mahasiswa NSU,7 mahasiswa ITB, 10 Mahasiswa UPI beserta beberapa dosen. (agd)