IDEN
Berita Event Rilis Pers 22 Januari 2024

EBTKE Gandeng GeoDipa Sosialisasi Geotermal di Jailolo

IMG_8422
Jailolo – PT Geo Dipa Energi (Persero) kembali berpartisipasi dalam acara Geothermal Goes to Campus (GGTC). Kali ini GeoDipa ikut meyemarakkan acara yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi di Sekolah Tinggi Pertanian Kewirusahaan (STPK) Banau Halmahera Barat (Halbar), Jailolo (22/1).

Koordinator Investasi dan Kerjasama Panas Bumi, Dirjen EBTKE, Mustika Delimantoro, menyatakan bahwa Kabupaten Halmahera Barat dikenal sebagai daerah yang memiliki kekayaan panas bumi yang melimpah, menjadi pilihan strategis untuk mengembangkan peningkatan energi listrik. “Pemerintah dalam waktu dekat ingin mengembangkan Jailolo khususnya Energi Listrik di sini karena kita melihat Panas Bumi yang menarik,” jelasnya.

IMG_8410

Deli menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil survei oleh Kementerian ESDM dan masih berada dalam tahap eksplorasi. Menurutnya, Bank Internasional telah menunjukkan minat untuk mendukung eksplorasi energi listrik panas bumi di Halmahera Barat. Sementar untuk tahap implementasi eksplorasi akan dilakukan PT Geo Dipa Energi (Persero)

Direktur Pengembangan dan Eksplorasi PT Geo Dipa Energi (Persero), Ilen Kardani, melihat pengembangan energi sebagai peluang bersama untuk membangun Jailolo. Menurutnya dengan Geotermal akan perlahan melepas ketergantungan Jailolo pada energi fosil. Dirinya berharap masyarakat terutama mahasiswa dapat mengambil manfaat dari pengembangan ini “Geotermal mampu memberikan multiplier efek kepada masyarakat, ekonomi lebih mandiri serta berbagai pengembangan turunannya.”

Sejalan dengan hal tersebut, Rektor STPK Banau, Abdurrahman Hoda, menyambut baik inisiatif ini dan melihatnya sebagai peluang untuk mengembangkan prodi baru di kampusnya. Dia mengungkapkan bahwa potensi STKP Banau kedepan akan dikembangkan pada bidang pertanian, melahirkan program Green House sebagai peningkatan inovasi melalui kerja sama dengan pengembang Geotermal. “Kemudian hasil itu munculnya green house (rumah kaca). Nah, rumah kaca ini sangat penting di bidang pertanian untuk mengembangkan multifaktor baru di dalam rumah kaca itu,” tambahnya.

PT Geo Dipa Energi Persero turut serta dalam acara ini sebagai salah satu narasumber. Ini merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung pengembangan energi geotermal di Indonesia. Inisiatif ini menciptakan momentum positif bagi Jailolo dan Halmahera Barat secara keseluruhan, membawa harapan akan peningkatan potensi energi terbarukan di daerah tersebut.