ID
Berita Event 22 Maret 2017

Kali ini Wamen ESDM Lebih Menegaskan bahwa Pemerintah Kawal GeoDipa

Jakarta, 22 Maret 2017, Direktur Utama PT Geo Dipa Energi, Riki Ibrahim, didampingi Corporate Secretary, Endang Iswandini berserta rombongan GeoDipa berkunjung ke kantor Wakil Menteri Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar sebagai bentuk tindak lanjut dari pertemuan dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, 16 Februari lalu.

Endang Iswandini menyampaikan bahwa, ”Kami sebagai BUMN yang bergerak di pemanfaatan PLTP, tentunya sangat berterimakasih atas dukungan dan arahan-arahan teknis kepada kami. Seperti diketahui sebelumnya bahwa tanggal 16 Februari 2016, kami (GeoDipa) terundang pula bersama para Menteri dengan Bapak JK, dan beliau menginstruksikan GeoDipa untuk segera merealisasikan Program Percepatan Pembangunan Energi Panasbumi, karena pembangunan ini adalah Infrastruktur yang ditunggu-tunggu masyarakat. Pertemuan dengan Wakil Menteri ESDM sifatnya lebih spesifik, kami minta arahan mengenai langkah – langkah kongkrit teknis dalam pelaksanaan dari program pemerintah 7.000 MW hingga tahun 2025. Rencana pengembangan yang kami lakukan untuk menyelamatkan aset negara tentu menjadi tugas utama kami, kemudian dari sisi harga listrik juga kami sampaikan, mengingat pengembangan lapangan Dieng dan Patuha memerlukan estimasi 4juta USD untuk 1 MW.  Tidak lupa pula dengan kesiapan kami untuk menerima WKP (Wilayah Kerja Panasbumi) yang baru seperti di Indonesia Timur. Alhamdulillah Beliau mengatakan bahwa GeoDipa didukung sepenuhnya oleh Kementerian ESDM selama bisa mendukung program pemerintah untuk menyediakan listrik untuk masyarakat. Momen kali ini sekaligus mengenalkan pula bahwa Pemerintah memiliki BUMN Panas Bumi yang satu-satunya siap untuk berkontribusi karena kesiapan sumber daya manusia Hulu dan Hilirnya”.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengatakan “Saya berharap GeoDipa bisa memberi kontribusi lebih banyak lagi dari kemarin untuk negara. Seperti paparan Dirut tadi mengenai rencana pengembangan Dieng, Patuha serta WKP lain, pemerintah paham bahwa masih banyak tugas kami sebagai pemerintah untuk mengawal proses pengembangan panasbumi seperti GeoDipa. Tapi kami sampaikan bahwa GeoDipa harus fokus bisa mendukung kegiatan percepatan panasbumi dan tentu pemerintah akan mendukung penuh visi GeoDipa”. Turut hadir juga pada pertemuan ini, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, Kementerian ESDM, Rida Mulyana dan Direktur Panasbumi, Yunus Saefulhaq. (agd)

 

WEB - Wamen 2