IDEN
Berita Event 07 Juni 2024

PT Geo Dipa Energi Kunjungi PGE Lumut Balai untuk Sinergi Pengembangan Panas Bumi

Geo Dipa Lumut Balai

Lumut Balai, Sumatera Selatan – PT Geo Dipa Energi Persero (GDE) melakukan kunjungan kerja ke PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Area Lumut Balai pada Kamis (6/6). Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin sinergi antar BUMN dalam pengembangan panas bumi di Indonesia, mendukung program pemerintah NZE (Net Zero Emission) tahun 2060.

Kunjungan ini dipimpin oleh Direktur Operasi & HSSE PT Geo Dipa Energi, Supriadinata Marza, bersama Corporate Secretary, General Manager Unit Patuha, dan General Manager Unit Dieng. Dalam sambutannya, Supriadinata menyampaikan banyak kesamaan dalam proses operasi bisnis di Area Lumut Balai dengan proyek PLTP Unit-2 GDE yang sedang dalam tahap pembangunan. Menurut pria yang akrab dipanggil Rio ini, GeoDipa dapat mempelajari pola sinergi antara unit yang menangani proyek dengan unit yang menangani PLTP terpasang, “Pola ini yang bisa kita contoh atau ambil pelajaran di dalamnya. Item yang baik dapat kita duplikasi, item yang perlu kurang bisa kita sempurnakan. Tentu dengan diskusi dalam mencari pemecahannya.”

General Manager Area Lumut Balai, Catur Hendro Utomo.S, memaparkan proses operasi, produksi, rencana pengembangan, dan berbagai tantangan yang dihadapi. Diskusi fokus pada perkembangan proyek PLTP Unit-2, termasuk aspek HSSE, organisasi proyek, CSR, serta implementasi dan strategi ESG. Diharapkan operasional dan proyek PLTP Unit-2 dapat memberikan manfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat sekitar, terutama dalam ketahanan energi dan pertumbuhan ekonomi, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Proyek PLTP Lumut Balai Unit-2 saat ini dalam tahap konstruksi dan ditargetkan untuk memasuki fase commissioning pada Desember 2024, dan kemudian dilanjutkan dengan operasi komersial. Potensi energi panas bumi di Area Lumut Balai mencapai 230 MW, dengan 150 MW telah terbukti. Masih terdapat potensi besar untuk pengembangan di masa depan.