IDEN
Berita Event 13 Juli 2017

GeoDipa menggelar RKAB Tahun 2017 WKP Dataran Tinggi Dieng

Banjarnegara, PT Geo Dipa Energi (Persero) menyelenggarakan Rapat Realisasi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) Tahun 2017 Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Dataran Tinggi Dieng (13/7) bersama Kasubdit Eksplorasi dan Eksploitasi Direktorat Panasbumi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Baperlutbang Kabupaten Banjarnegara, serta Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo, di Hotel Surya Yudha Banjarnegara.  Direktur Keuangan, M. Ikbal Nur mendampingi General Manager Unit Dieng, Puguh Wintoro untuk melakukan presentasi RKAB.

“Melalui RKAB kali ini, kami ingin menyampaikan mengenai realisasi produksi dari Dieng dan Patuha Unit 1 pada tahun 2016 sebesar 149.397.233 kWh atau 85% dari target.  Kemudian kami juga menyampaikan laporan kegiatan community development untuk ekonomi masyarakat Kab. Banjarnegara yang programnya sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Daerah Terkait untuk realisasi mencapai 76% (Banjarnegara) dan untuk kabupaten Wonosobo sebesar 101%.  Kemudian untuk Rencana RKAB Tahun 2017 kami menargetkan Target Produksi Listrik dari Unit 1 sebesar 337.554.000 kWh, juga strategi untuk mencapai target operasi.  Selain itu kami juga menyampaikan rencana kegiatan community development untuk Banjarnegara, Wonosobo bahkan Batang.  Program tersebut merupakan wujud komitmen kami sebagai perusahaan yang ingin berkontribusi terhadap lingkungan sekitar”, jelas Ikbal Nur dalam sambutannya.

Kasubdit Eksplorasi dan Eksploitasi Direktorat Panasbumi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Budi Herdiyanto, menegaskan bahwa “Kami berterimakasih karena GeoDipa telah menyelaraskan program prioritas dalam community development dan berkoordinasi dengan baik bersama Pemda.  Oleh karena itu, kebetulan ada pemda di sini, saya sebagai regulator menyampaikan kembali “Agar pemda lebih dapat bersinergi dengan pengembang energi terbarukan ini”.

Pengembang bisa siapa saja, kebetulan saat ini kita berdiskusi dengan BUMN, perusahaan pelat merah, PT Geo Dipa Energi (Persero).  Kami berharap dengan dukungan Pemerintah Daerah yang serius berpikir jangka panjang, tentu Perusahaan yang beroperasi disana dapat dibantu atau dilayani dari berbagai aspek misalnya kesehatan, infrastruktur dan lain sebagainya. Bukan hanya menuntut ini dan itu, tapi mari kita mengakselerasi program NKRI demi kemajuan pemerintah daerah.”

Rapat yang menhabiskan waktu hampir tiga setengah jam ini dicapai koordinasi yang baik dan dihadiri oleh perwakilan Dinas ESDM Provinsi Jawa Tengah, Baperlutbang Kabupaten Banjarnegara, Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Wonosobo. (Agd)

2 1