IDEN
Berita Event 20 Januari 2017

GeoDipa Menerangi Empat Dusun di Desa Sugihmukti, Patuha

Ciwidey –Direktur Operasi dan Pengembangan Niaga PT Geo Dipa Energi (Persero) melakukan peresmian Program “Listrik Masuk Kampung” Jumat 20 Januari 2017. Pemberian ini merupakan wujud nyata salah satu Program Community Development (CD) untuk desa terdekat dengan tema GeoDipa Maju.

Menurut Endang Iswandini, Corporate Secretary GeoDipa bahwa “Program Listrik Masuk Kampung merupakan program Community Development (CD) PT Geo Dipa Energi (Persero) di tahun 2017, oleh karena itu tema CD dengan nama Program GeoDipa Maju harus dapat dirasakan oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini adalah sebagai bentuk komitmen kepedulian kami kepada masyarakat sekitar, yang terlibat langsung dalam pembangunan PLTP Patuha unit I. Kami sadar bahwa dukungan masyarakat, khususnya Warga Desa Sugihmukti penting bagi GeoDipa”, Jelas Endang Iswandiny, Corporate Secretary.

Mulai 20 Januari 2017, sebanyak empat kampung/dusun atau sekitar 84 (delapan puluh empat) kepala keluarga tersebar di Desa Sugihmukti bisa menikmati aliran listrik. Listrik Masuk Kampung saat ini baru menerangi Desa SugihMukti. Di sekitar PLTP Patuha terdapat dua Desa lagi yaitu Desa Alam endah dan Panundaan.

Selain peresmian Listrik Masuk Kampung, GeoDipa juga menggelar sosialisasi keamanan dan pemeliharaan listrik yang diikuti oleh warga Desa SugihMukti. Dalam sosialisasi tersebut, GeoDipa menjelaskan mengenai proses pembuatan sampai dengan pemakaian listrik yang aman dan hemat sehingga diharapkan masyarakat dapat memahami dan menggunakan listrik secara bijaksana.

PT Geo Dipa Energi (Persero), BUMN Panas Bumi yang saat ini sedang mengelola dua lapangan panas bumi yaitu Dieng dan Patuha memiliki, empat program Utama Community Development. Kami sebut Geodipa Peduli, Geodipa Maju, GeoDipa Pintar dan GeoDipa Hijau, jadi selain Listrik Masuk Kampung, GeoDipa sudah pernah melakukan program lain seperti perbaikan jalan, modal usaha kelompok terna, sumbangan bibit penanaman pohon dan pasar murah, ujar Endang.

Community Development GeoDipa merupakan Program yang disusun sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang dikomunikasikan dengan Pemerintah Daerah setempat, sehingga bantuan langsung dapat dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. (Agd)