ID
Berita Event Rilis Pers 17 Desember 2021

Geo Dipa Mulai Terapkan ISO 37001

WhatsApp Image 2022-05-30 at 9.41.42 AM

Jakarta- PT Geo Dipa Energi (Persero) berhasil memperoleh sertifikat ISO 37001:2016 pada, Kamis (16/12) lalu di Jakarta. Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Garuda Sertifikasi Indonesia sebagai lembaga audit kepada Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim.

Sertifikat ini meruapakan standar sistem manajemen yang dirancang untuk membantu organisasi dalam membangun, mengimplementasikan, meninjau, memelihara dan meningkatkan program anti-penyuapan atau sistem manajemen. Ini menjadi jaminan pada stakeholder bahwa Perusahaan telah melaksanakan praktek control anti penyuapan yang diakui secara internasional dan nasional serta sebagai bukti bahwa Perusahaan telah mengambil langkah pencegahan penyuapan.

WhatsApp Image 2021-12-28 at 1.31.58 PM (1)

Menurut Riki, sertifikasi ini bukan merupakan goal, tetapi merupakan titik awal implementasi “Ini nanti akan berlanjut terus, mudah-mudahan bisa ke divisi lain juga”.

Melalui sertifikat ini membantu perusahaan dalam menetapkan persyaratan dan memberikan panduan untuk system manajemen yang dirancang untuk membantu perusahaan untuk mencegah, mendeteksi dan menangani penyuapan dan mematuhi undang-undang anti penyuapan dan komitemen sukarela yang berlaku untuk kegiatannya

Sertifikat ini bukan begitu saja didapatkan oleh perusahaan. Proses ini dimulai dengan pembentukan tim Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP), lalu dilakukan Penyusunan Bribery Risk Assessment untuk Divisi Finance, General Affrair dan Procurement. Selanjutnya dilakukan Sosialisasi dan Pelatihan SMAP serta dilakukan proses Audit Internal dan Audit Eksternal hingga GDE mendapatkan sertifikat ISO 37001:2016 pada 16 Desember 2021.