ID
Berita 10 November 2023

Menteri Keuangan Tunjuk Ilen Kardani Sebagai Direktur Pengembangan dan Eksplorasi GDE

GDE_Pelantikan Dirbang
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengangkat dewan direksi dan anggota direksi Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (10/11). Pada kesempatan tersebut, Ilen Kardani diangkat sebagai Anggota Direksi PT Geo Dipa Energi, Suminto dan Kasan diangkat sebagai Anggota Dewan Direktur Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI), dan Faaris Pranawa ditunjuk sebagai Anggota Direksi PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI).

Dalam sambutannya, Sri menyatakan bahwa ketiga lembaga tersebut merupakan instrumen fiskal atau arm’s length dari APBN, diharapkan dapat menjadi pendorong ekonomi Indonesia. “LPEI akan mendukung ekspor, Geo Dipa akan mendukung dan mengembangkan energi terbarukan, khususnya geothermal, dan PT SMI dengan mandat yang lebih luas untuk mengembangkan infrastruktur, termasuk melalui pinjaman kepada pemerintah daerah,” ujarnya.

Kepada GDE, Sri berharap bahwa melalui Energy Transition Mechanism dan komitmen pada energi terbarukan, perusahaan dapat mengatasi berbagai tantangan, mengelola lingkungan dan masyarakat secara efektif, terutama menjelang Pemilu. Sri juga menyarankan agar Geo Dipa belajar dari praktik-praktik terbaik di seluruh dunia dalam membangun dan mengelola perusahaan energi terbarukan tanpa emisi CO2.

GDE_Pelantikan Dirbang 2

Sri juga menekankan pada tanggung jawab anggota direksi untuk mengantisipasi dinamika yang dapat menjadi risiko atau peluang, serta mendorong mereka untuk menjalankan misi dengan kreativitas, inovasi, dan tata kelola yang baik bersama tim direksi dan anak buah.