ID
Berita 19 Mei 2020

GeoDipa Salurkan Bantuan COVID-19 Tahap Dua Jelang Hari Raya

WhatsApp Image 2020-05-18 at 7.24.13 PM

Dieng, Seminggu menjelang hari raya PT Geo Dipa Energi (Persero) kembali mendistribusikan sekitar 4000 sembako di sekitar Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng Unit 2. Pembagian bantuan dilakukan dengan diantarkan langsung kepada masyarakat secara door to door pada Senin (18/5) bagi warga di enam desa di sekitar wilayah kerja GeoDipa. Cara ini dilakukan guna mencegah meluas penularan COVID-19.

Penyaluran bantuan sosial berupa paket sembako dan paket imunitas serta alat kesehatan bagi masyarakat ini merupakan yang kedua kalinya dilakukan oleh GeoDipa. Pada tahap sebelumnya, Perusahaan menyerahkan sekitar 5000 paket bantuan sosial. Sehingga total bantuan sosial sembako dan alat kesehatan mencakup 11 desa, sekitar 9000 paket dengan total senilai 1.2 milyar. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat desa yang mengalami pengurangan pendapatan akibat terdampak Covid-19.

Saat ditemui dilapangan, Camat Batur, Imron, mengapresiasi bantuan dari GeoDipa karena komitmen Geodipa untuk maju bersama masyarakat terimplementasi. Dirinya menilai bantuan yang mengalir merupakan bukti kebersamaan dan semangat gotong – royong yang semakin kuat antara masyarakat dan perusahaan. “Memang kita butuh sinergi untuk dapat maju bersama.” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Manager Dieng Unit 2, Henky Irawan, mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program GeoDipa Peduli baik yang dilaksanakan oleh GeoDipa Pusat, Proyek Dieng Unit 2 bersama dengan GeoDipa Unit Dieng. Selain itu, penyaluran ini juga bentuk komitmen kepedulian perusahaan dalam memberikan perlindungan sosial untuk meringankan beban masyarat ditengah pandemi.

Menurut Henky, bantuan ini merupakan implementasi dari respon cepat Pemerintah dalam Peraturan Presiden No. 54 Tahun 2020 dengan menggelontorkan jaringan pengaman sosial sebesar 110 Trilyun untuk tambahan sembako, tambahan kartu pra-kerja, pembebasan tarif listrik, penambahan penyaluran Program Keluarga Hrapan (PKH), Bantuan sosial tunai dan bantuan sosial sembako. “PT Geo Dipa Energi (Persero) sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan yang bergerak di sektor energi terbarukan juga sudah mengambil bagian dalam implementasi Perpres tersebut” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, hingga 17 Mei 2020 penyebaran virus Corona (Covid-19) di Indonesia semakin memprihatinkan. Menurut data yang di rilis Pemerintah, terdapat 17.514 Kasus Covid-19 di Indonesia. Berbagai cara terus diupayakan guna mencegah penyebaran maupun mengantisipasi dampak lanjutan dari pandemik ini.