ID
Berita Event Rilis Pers 20 April 2017

GeoDipa Menandatangani Nota Kesepahaman dengan POLRI untuk Penegakan Hukum

Jakarta, Hari ini, Kamis, 20 April 2017, PT Geo Dipa Energi (Persero) – GeoDipa menandatangi Nota Kesepahaman dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) mengenai Penyelenggaraan Pengamanan dan Penegakan Hukum di Lingkungan Kerja GeoDipa.  PLTP Dieng dan Patuha sebagai aset obyek vital nasional, menjadi sangat penting untuk penjagaan keamanannya.

Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Riki Ibrahim selaku Direktur Utama GeoDipa dan Inspektur Jenderal Polisi Drs. Unggung Cahyono, selaku Asisten Kapolri bidang Operasi dan di saksikan oleh Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A, Ph.D

Riki Ibrahim menyampaikan bahwa MOU ini diperlukan dalam rangka memelihara kesinambungan pengelolaan, sinergi operasional kerjasama pengamanan agar penyelenggaraan sumber pendapatan negara dapat terjamin. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengamanan dan dukungan penuh dari POLRI sebagai pihak hukum yang berwenang untuk mendeteksi, menangkal, mencegah dan menindak berbagai bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata di GeoDipa sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Perlu kami sampaikan juga bahwa ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi pertukaran data, penyelenggaran keamaanan, audit sistem pengamanan, penegakan hukum, pembinaan masyarakat dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Berdasarkan hal – hal tersebut maka GeoDipa dan POLRI sepakat untuk melakukan kerja sama ini untuk lima tahun ke depan.

Selain GeoDipa ada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Perum BULOG, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (PELNI), PLN dan Ditjen Perhubungan Darat dan Ditjen Bina Marga.

GeoDipa adalah BUMN yang diberi pelimpahan kewenangan dalam melaksanakan pengusahaan dan pengembangan sumber daya panasbumi sebagai pembangkit tenaga listrik di Indonesia. Walaupun saat ini GeoDipa mengelola Lapangan panasbumi Dieng dan Patuha yang merupakan Objek Vital Nasional (Obvitnas) dalam rangka menjaga ketahanan pasokan tenaga listrik untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, kedepan GeoDipa akan mengoperasikan pula lapangan-lapangan Panas Bumi lainnya di seluruh Nusantara. (Agd)

 

WEB-MOU POLRI 2 WEB-MOU POLRI 3